Bagaima Jika Melihat Kecelakaan di jalan?

By | March 11, 2021

Bagaima Jika Melihat Kecelakaan di jalan? Apa yang sebaiknya dilakukan?Tulisan ini dikuti dari Group Info segatan Jogja Dijalan seringkali kita melihat kecelakaan dijalan, kadang saya sebagai orang awam tidak tahu hukum gmn ya kalo kita melihat orang kecelakaan dijalan kalau tidak segera ditolong kesannya tidak berperikemanusiaan tapi seandainya ditolong bila korban sampai terjadi sesuatu meninggal kita disalahkan

Kalau difoto atau dividio malah dibully, Namanya kecelakaan bisa dimana saja dan menimpa siapapun. Umpama kita berhadapan dengan situasi sulit seperti itu harus bagaimana ??

Nunggu paramedis atau harus bagaimana? Kalau kondisi meninggal jelas ga berani menyentuh seumpama masih hidup dan butuh pertolongan segera apakah kita tetap menunggu paramedis? Barangkali ada yg bisa memberi masukan?

Group FB ICJ

Lebih baik memang tidak asal menolong. Karena bisa saja korban laka cedera tulang leher dan punggung dan berakibat fatal kalo dipindahkan tanpa menggunakan usungan. Saran saya jangan gegabah memindahkan, biarkan tetap di tempat kalo kondisi nggak bisa bangun, dicarikan payung trus dipayungi, kepala dialasi jaket ben nggak panas. Tetap diajak ngobrol biar tetap sadar. Jangan dikasi minum apalagi nasi padang. Ditenangkan juga dan segera dipanggilkan paramedis. Trus ojo nggratil nakoni dompet atau hp ne.

Terakhir sila mengambil poto nopol kendaraan dan dipost di sosial media untuk mengabarkan. ((Saya trauma dengan korban kecelakaan yang jatuh nampaknya tidak apa-apa begitu sudah minggir, muntah darah langsung wasalam))

Kalau tidak tahu ilmu P3K jangan memindahkan korban seinchi pun. Karna bisa dipidanakan kalau terjadi kecacatan. Kalau mau bantu, saran saya cukup mengamankan tkp sambil menghubungi pihak berwenang

relaksasikan korban dulu,jangan pindahkan korban jika kondisi luka tidak bisa bangun..jika ada fraktur di kaki atau tangan,sebisa mungkin di bidai dahulu tanpa memindahkan korban.jika korban luka di kepala,jangan diangkat,tapi beri alas kain.kita tidak tau ada luka didalam atau tidak..amankan lokasi tkp,bukan dengan memindahkan korban tapi memindahkan kendaraannya…hubungi emergency response 119,,kalo takut korban kenapa2,cukup amankan tkp.jangan memindahkan korban dulu :

  1. Amankan area sekitar, seperti pecahan kaca dan serpihan yg mungkin berbahaya.
  2. Amankan barang-barang korban.
  3. Telpon ambulan
  4. Lapor polisi
  5. Jangan pernah memindahkan korban kecelakaan, tunggu sampai paramedis datang. Kita tidak tahu apakah korban mengalami patah tulang/pendarahan dalam. Salah-salah kondisi korban malah makin parah ketika kita coba pindahkan.

Info Via ICJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *