Beda Facebook Group dan Halaman (Page)

By | April 14, 2021

Facebook menyediakan akun beberapa akun diantaranya adalah Facebook (FB) profile, Facebook Group, Dan Halaman facebook (Page). Berikut in secara ringkas rincian dari ketiga akun tersebut.

Facebook profile

Facebook profile digunakan untuk akun pribadi untuk menjalin pertemanan (Friend). Jumlah Pertemanan yang saat ini ada sebanyak maksimal 5000 orang. Jika ingin lebhih dari 5rb dari FB disarankan membuat Fan page.

Facebook Group

Facebook group digunakan sebagai forum diskusi, semua anggota bisa saja menulis dan bekomentar di sebuah group. Bisa juga Group dibatasi hanya pengguna terbentu saja yang bisa menulis atau tulisan yang akan tampil perlu pesertujuan.

FB group memiliki halaman admin (Pengelolaan), Secara default pembuat pertama group adalah sebagai admin. Pengelola bisa ditambahkan dengan mengundang anggota sebagai admin atau moderator. Admin adalah level tertinggi dalam pengelolaan FB Group.

Tampilan FB group WSO, Contoh group Facebook Warga Sedayu Online
Tampilan FB group WSO

FB group bisa diset sebagai group Terbuka (Publik), Tertutup (Close group) atau private group. Jika awalmnya Grop publik terus mau diganti jadi grop tertutup, nanti tidak bisa dikembalikan jadi group publik lagi. Jadi pembuatan jenis group perlu direncakankan mau : publik, tertutup atau private.

Contoh group Facebook Warga Sedayu Online alamat akses jika lewat broswer dengan URL ini : https://facebook.com/groups/wargasedayuonline

Halaman Facebook (Facebook Page)

Halaman FB bisa digunakan untuk berbagai kategori halaman, mulai dari publik profile (mirip fb biasa), hingga akun lembaga atau profile bisnis. Ada pilihan saat pertama kali akan membuat halaman ini. Kita bisa pilih jenis page ini masuk kategori apa.

Mirip dengan FB group, fan page juga bisa dikelola oleh banyak orang. bedanya di fanPage ini hanya admin yang bisa menulis postingan di page. Orang yang tertarik bisa like (Atau menyukai page tersebut).

Tampilan Halaman Facebook Seminar.UMBY
Tampilan Halaman Facebook Seminar.UMBY

Contohnya alamat : https://facebook.com/Sedayu.Net (facebook Fan page dari Sedayu atau Sedayu.net)

Informasi yang dibagikan di halaman mirip dengan tulisan di status Fb pribadi (tampilan) sepert ini jika dilihat dari menu amin. Bisa di like dan komentar oleh pengguna facebook baik yang sudah like atau belum.

Contoh tampilan di halaman Superartikel yang membagikan informasi dari web, tampilan ini diambil dari

Contoh tampilan di halaman Superartikel yang membagikan informasi dari web, tampilan ini diambil dari https://www.facebook.com/superartikel/posts/10159003170377170

Baca juga penah kami share ini : http://forum.mercubuana-yogya.ac.id/2021/03/pelantikan-anggota-muda-mahapala-umby-wanaarga-xxxiii yang informasinya kami perolehd ari FB personal UKM Warna Arga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *